Minggu, 01 April 2012

Bali ku Pulau Dewata

 Seni , tradisi dan budaya Bali



Kisah ini mengisahkan Dharma dan Adharma (Kebajikan
dan Kejahatan) antara putih dan hitam yang mana kebaikan diwakili oleh barong dan kejahatan diwakili oleh rangda.
Kebaikan dan keburukan memang sudah ada sejak dahulu kala dan terus berkembang sejalan dengan perubahan zaman. Rwa Binedha menceritakan pertempuran Rahwana sebagai simbol kejahatan dan Rama sebagai simbol atau wujud kebaikan.
Rahwana sangat tertarik dengan istri Prabu Rama yang bernama Dewi Sinta dan ingin memilikinya.
Segala daya upaya licik digunakan oleh Rahwana untuk memperdayai Dewi Sinta dan akhirnya Dewi Sinta dapat diculik Rahwana dan dibawa ke Alengka kerajaan sang Rahwana. Melihat istrinya tidak ada dan diketahui telah diculik oleh Rahwana, maka marahlah sang Prabu Rama dan seera menyusul ke Alengka Pura.

Pertempuran dahsyatpun terjadi antara Rama dan Rahwana, keduanya memiliki kesaktian yang seimbang.
Rahwana berubah wujud menjadi Rangda, demikian pula sang Rama berubah wujud menjadi Barong. Pertempuran sengit terus terjadi, tetapi tidak ada yang kalah dan menang. Rangda berubah menjadi api dan Baron berubah menjadi Sanghyang Jaran, akhirnya Api dapat dikalahkan dengan diinjak-injak oleh Sanghyang Jaran.
This story recites Dharma and Adharma (Righteousness and badness) among the good and bad or symbolize in black and in the story is depicted by the goodness barong and rangda as the bad or black. Goodness and badness is in battle since the early time to now as believe in the Balinese cultural. Rwa Binedha as a story of two different side of a personality and here Rahwana is the symbol of evil and Rama as the good.
Rahwana is fascinated by the beauty of Dewi Sinta who is Rama's wife, has intention of taking her to be his wife. Using his power and magic, he managed to take her into the jungle and kidnapped her and took her to Alengka Pura.
Knowing his wife is in the giants hand, Rama with his anger to save his wife move to Alengka Pura. The battle of Rama and Rahwana is believed to be a magical story as both have superpower. This is the highlight where the good battles the evil.
Rahwana with its magic changed form becomes Rangda, and Rama changed form becomes Barong. Rangda changes form becomes Fire and Barong formbecome Sangyang Jaran. Finally the fire is defeated by Sanghyang Jaran.
Bali adalah nama salah satu provinsi di Indonesia dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan.
Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya ialah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.


Geografi

Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara astronomis, Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Bujur Timur yang membuatnya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain.
Gunung Agung adalah titik tertinggi di Bali setinggi 3.148 m. Gunung berapi ini terakhir meletus pada Maret 1963. Gunung Batur juga salah satu gunung yang ada di Bali. Sekitar 30.000 tahun yang lalu, Gunung Batur meletus dan menghasilkan bencana yang dahsyat di bumi. Berbeda dengan di bagian utara, bagian selatan Bali adalah dataran rendah yang dialiri sungai-sungai.
Berdasarkan relief dan topografi, di tengah-tengah Pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan diantara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung serta gunung yang tidak berapi, yaitu Gunung Merbuk, Gunung Patas dan Gunung Seraya. Adanya pegunungan tersebut menyebabkan Daerah Bali secara Geografis terbagi menjadi 2 (dua) bagian yang tidak sama yaitu Bali Utara dengan dataran rendah yang sempit dan kurang landai dan Bali Selatan dengan dataran rendah yang luas dan landai. Kemiringan lahan Pulau Bali terdiri dari lahan datar (0-2%) seluas 122.652 ha, lahan bergelombang (2-15%) seluas 118.339 ha, lahan curam (15-40%) seluas 190.486 ha dan lahan sangat curam (>40%) seluas 132.189 ha. Provinsi Bali memiliki 4 (empat) buah danau yang berlokasi di daerah pegunungan, yaitu Danau Beratan, Buyan, Tamblingan dan Danau Batur.
Ibu kota Bali adalah Denpasar. Tempat-tempat penting lainnya adalah Ubud sebagai pusat seni terletak di Kabupaten Gianyar, sedangkan Kuta, Sanur, Seminyak, Jimbaran dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan pariwisata, baik wisata pantai maupun tempat peristirahatan.
Luas wilayah Provinsi Bali adalah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas wilayah Republik Indonesia. Secara administratif Provinsi Bali terbagi atas 9 kabupaten/kota, 55 kecamatan dan 701 desa/kelurahan.



OBJEK WISATA BALI

Tempat Wisata Menarik Di Bali
Sebagai daerah tujuan wisata, Bali memiliki beberapa objek wisata yang bisa menjadi pilihan liburan. Berikut informasi singkat tentang tempat wisata bagus dan menarik di pulau dewata.
- Kintamani
Kintamani, yang terletak di kabupaten Bangli, menawarkan pemandangan danau yang indah sambil menikmati hidangan makan siang. Nikmati keindahan gunung dan danau Batur yang mengeluarkan asap yang memperindah suasana. Jangan lewatkan untuk mengunjungi objek wisata Toya Bungkah dan juga Trunyan yang terkenal dengan sistem pemakaman yang unik...selanjutnya
- Pantai Dreamland
Pantai Dreamland di kawasan Ungasan, Pecatu terkenal akan pantainya yang indah dan ombaknya yang menantang. Bagi penggila olahraga surfing, tempat ini merupakan favorit. Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi tempat wisata di sekitar tempat ini seperti GWK, Pura Uluwatu, Pantai Nyangnyang dan Pantai Suluban...selanjutnya
- Jalan celuk Karangasem - Singaraja
Dalam perjalanan dari kabupaten Karangasem menuju Buleleng melalui Jalan Celuk, kita dapat menyaksikan keindahan alam berupa pemandangan bebatuan hasil letusan gunung tertinggi di Bali, gunung Agung.Dalam Perjalanan ini akan melalui beberapa objek wisata seperti Amed, Tulamben, Desa Les, Air Sanih dan nikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan...selanjutnya
- Pasar Seni Sukawati
Dari dulu hingga sekarang, pasar seni Sukawati telah menjadi pilihan favorit tempat belanja bagi wisata wan yang sedang liburan di pulau Bali....selanjutnya
- Ubud
Mau tahu pusat seni di Bali dan tempat dimana bisa menemukan kehidupan orang Bali yang sesungguhnya? Ubud adalah jawabannya. Ubud, yang terletak di kabupaten Gianyar, sejak dulu dikenal sebagai kampung seni...selanjutnya
- Uluwatu
Uluwatu yang terletak di ujung selatan pulau Bali menampilkan keindahan pura Uluwatu yang berdiri kokoh di ujung tebing menghadap ke samudra hindia...selanjutnya
- Bedugul
Kawasan wisata Bedugul menawarkan beberapa object wisata yang bisa dikunjungi diantaranya Kebun Raya Bedugul yang menawarkan wisata alam seperti Treetop...selanjutnya
- Nusa Dua - Tanjung Benoa
Kawasan wisata Nusa Dua terkenal akan BTDC (Bali tourism Development Center) dan Tanjung Benoa terkenal sebagai pusat olahraga air di Bali...selanjutnya

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates